Warna, Texture dan Background pada VRML

5:15 AM |



Salam Jumpa, Setelah menembus awan putih yang indah dilangit yang biru, menikmati indahnya hujan dikota yang tidak pernah tidur, bertemu dengan orang- orang baru dan menembus langit di kekelapan malam. Maka penulis akan melanjutkan berbagi pengalaman dengan VRML, kai ini penulis ingin berbagi cara memwarnai pada VRML. Pada dasarnya pewarnaan pada VRML.sama denagn pewarnaan pada pengolahan citra seperti biasanya  hanya saja di VRML dibagi dengan 255 yang merupakan nilai decimal tertinggi dari picture elemen. Contoh jika warna putih di gambarkan dengan
Pixel Putih :        R  = 255
 G  = 255
             B  = 255

VRML Putih:       R = 255 / 255 = 1
                           G = 255 / 255 = 1
                           B = 255 / 255 = 1

…………..
appearance Appearance {
                                material               Material {diffuseColor 1 1 1}
                }
……………
Contoh


Dan untuk memeberi texture pada obyek 3D kita bisa gunakan perintah
……………………………
appearance Appearance {
                                material               Material {}
                                texture ImageTexture {url "Gambar.jpg"}
                }
……………………………
Contoh


Untuk perintah - perintah pembuatan obyek dapat dilihat pada postingan kemarin
Maka Obyek yang kita bangun akan berwarna putih.Sedangkan Untuk Background kita gunakan perintah
Background {
                skyColor               [
                1 0 1
                0 1 0
                1 0 1
                ]
                skyAngle [1.57 3.14]
}
Dalam ha ini VRML mengunakan angit dan bumi sebagai obyek geometri pemodelan latar belakang di dunia virtual. Sky Color itu untuk Mengeset warna dan skyAngel untuk mendegradasi warna

Contoh
 
Sekian terima kasih

0 comments:

Post a Comment