TUGAS AKHIR KLASIFIKASI MUSIK GAMAELAN TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN JST KOHONEN-SOM (SELF ORGANIZING MAP)BAP IV

7:49 AM |



Oleh :
ANDI AYU SEPTIAVILASARI
12.043.126



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS BHAYANGKARA
SURABAYA
2013­­­­­­­­


BAB IV
ANALISIS DAN RANCANGAN SISTEM

4.1.       Bagan Sistem Pelatihan
Sebagai bahan pelatihan, musik yang digunakan harus berformatkan WAF dan apabila musik masih berformat .MP3 maka harus diadakan perubahan bentuk format menjadi WAF. Setelah itu file musik harus diproses untuk diekstraksi fiturnya dengan menggunakan metode ZCR (Zero Crossing Rate) dan AE (Average Energy. Untuk ekstraksi fitur ini file musik akan dipecah menjadi 30 sampling tiap fitur untuk Left dan Right.
Metode ZCR berfungsi untuk menghitung perpindahan amplitude dari positif ke negatif dan sebaliknya. Sedangkan Metode AE dapat menunjukkan keras lemahnya suatu sinyal audio pada tiap 30 data sample audio dalam satu lagu/musik.
Setelah semua ekstraksi fitur dilakukan, maka tahap berikutnya merupakan proses pelatihan yang menggunakan metode jst kohonen-SOM, tujuan dari dilakukannya pelatihan adalah untuk mendapatkan model base yang akan digunakan untuk proses pengenalan jenis-jenis dari genre musik yg diinginkan. Model base adalah nilai bobot yang digunakan untuk membandingkan input data pengujian dengan data hasil pelatihan yang didapat hasil dari perhitungan nilai ekstraksi dengan perhitungan JST Kohonen-SOM dari semua sample lagu-lagu yang sudah disediakan sesuai genre yang ditentukan,. Setelah mengetahui model genre tersebut data akan disimpan dan hasil dari penyimpanan data inilah yang menjadi acuan untuk pengimplementasian lagu baru.
Pemetaan alur proses ekstraksi ZCR, AE sampai perhitungan metode JST Kohonen-SOM akan dipaparkan pada bab ini dan berikut adalah alur proses pelatihan lagu dalam penelitian ini :
 


0 comments:

Post a Comment