TUGAS AKHIR KLASIFIKASI MUSIK GAMAELAN TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN JST KOHONEN-SOM (SELF ORGANIZING MAP) BAP 1.1

7:20 AM |



Oleh :
ANDI AYU SEPTIAVILASARI
12.043.126


1.1.             1.1 Latar Belakang

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama atal-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Definisi tentang musik itu sendiri juga bermacam-macam :
a.                                 Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengaran.
b.                                Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
c.                                 Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.
d.                                Musik dapat mencerminkan kebudayaan suatu wilayah.

Sedangkan genre musik itu sendiri merupakan suatu pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain.
Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Perkembangan tersebut memicu semakin banyaknya aliran baru dalam genre musik, seperti : Klasik, Folklore, Tradisional dan seterusnya.
Dengan banyaknya genre musik tersebut, ada sebagian yang memiliki kemiripan satu sama lain, sehingga cukup sulit untuk mengklasifkasikan suatu lagu ke dalam genre yang sesuai, salah satunya adalah musik gamelan tradisional indonesia.
Musik gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik gamelan tradisional indonesa ada bermacam-macam salah satunya adalah gamelan bali, gamelan jawa tengahan (jogja) dan gamelan sunda. Pada dasarnya irama genre musik antar daerah tersebut sama, namun terdapat juga beberapa ciri khas dalam musik pada tiap daerah tersebut yang membedakan antara musik gamelan satu dengan yang lainnya, maka dari itu dibuatlah sebuah judul tugas akhir yaitu Klasifikasi Genre Musik Gamelan Tradisional Indonesia Menggunakan Metode JST Kohonen - SOM (Self Organizing Maps) untuk memberikan kemudahan pecinta musik gamelan dalam mengklasifikasikan asal daerah genre musik tersebut, dan alasan dipilihnya ketiga genre lagu tersebut yaitu karena diantara lagu gamelan-gamelan yang lain, ketiga jenis gamelan tersebutlah yang paling kental alunan suara gamelannya selain itu jarang orang yang memanfaatkan lagu-lagu daerah Indonesia sebagai bahan penelitiannya juga karena penulis ingin mengenalkan keragaman lagu daerah indonesia khususnya lagu gamelan bali, jawa dan sunda.
 


0 comments:

Post a Comment