TUGAS AKHIR KLASIFIKASI MUSIK GAMAELAN TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN JST KOHONEN-SOM (SELF ORGANIZING MAP) Part II

7:17 AM |



INTISARI
oleh :
Andi Ayu Septiavilasari
12043126

Genre musik merupakan pengelompokan musik berdasarkan kemiripan karakteristik dari lagu. Genre dianggap penting bagi penikmat musik, karena dengan adanya genre maka pencarian dari suatu lagu akan lebih mudah dilakukan. Suatu genre tertentu dapat dikarakteristikkan berdasarkan timbre dari musik, tetapi ada faktor-faktor lainnya yang berpengaruh terhadap penentuan genre ini. Sehingga dalam pengklasifikasiannya, genre dari suatu musik masih ditentukan berdasarkan pandangan subjektif dari setiap individu.
Oleh karena itu dibutuhkan sistem yang diharapkan dapat mengklasifikasikan genre musik yang terkesan subyektif dan ambigu berdasarkan penilaian manusia. Pada Tugas akhir ini diimplementasikan penggunaan JST Kohonen-SOM yang dapat mengenali dan mengklasifikasi genre dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai nilai parameter Jaringan Syaraf Tiruan untuk pencapaian hasil yang optimal dalam pengklasifikasian genre. Dengan demikian, JST Kohonen-SOM akan dapat mengenali dan mengklasifikasi genre dengan baik. Pada penelitian ini juga menggunakan ektraksi fitur Average Energy dan Zero Crossing Rate.
Penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai nilai parameter Jaringan Syaraf Tiruan dan ekstraksi fitur untuk pencapaian hasil yang optimal dalam pengklasifikasian genre. Berdasarkan evaluasi beberapa kombinasi arsitektur yang diujicobakan, sistem dapat mengklasifikasikan genre dengan presentase sebagai berikut : Hasil Pengenalan Bali 24%, Hasil Pengenalan Jawa 14%, Hasil Pengenalan Sunda 30%, Hasil Pengenalan Other  32%, untuk 3 jenis genre musik Gamelan dan 1 genre selain gamelan, dengan 100 jumlah lagu uji coba. 

Kata Kunci : musik gamelan, jaringan syaraf tiruan, Kohonen-SOM, ektraksi fitur, average energy, zero crossing rate

0 comments:

Post a Comment